Skip to main content

Itu, malaikatku

Kamis, 22 Desember 2016.

#np Number for me - Maher Zain

Tepat sekali, hari ini hari ibu. sudah 19 tahun sudah aku jumpai 22 Desemberku.
Dan entah kenapa, 22 Desemberku kali ini paling mengingatkanku tentang banyak hal.
terlebih tentang apa yang dapat kuberikan untuk malaikatku itu selama ini.



Aku Vina, salah satu anak gadismu, mungkin kau sering bilang bahwa aku, gadis yang manja, yang suka mberetin mobil ibuk, suka sering ada acara sampe harus ninggal ibuk sendirian di rumah, yang suka minta dibuatin ayam saus inggris buatan ibuk, yang suka usil, yang suka gangguin ibuk kalo lagi nonton tv dan masih banyak lagi hal-hal yang mungkin selama ini ibuk sebelin dariku.
tapi.............................................................................................................................


***

"Buk, taun depan aku 20 tahun lo buk" ucapku mengode saat itu.
"Mau sebesar apapun anak ibuk, dimata ibuk, kalian tetep anak kecilnya ibuk"
lalu, suasana begitu hening.
"Buk, nanti, kalo Vina udah jadi ibu, Vina pengen jadi ibuk yang hebat kayak Ibuk. Vina juga pengen, anakku nanti, bisa bangga punya ibuk kayak aku sama kyk banggaku ke ibuk"

***
kalo dibilang jarang nulis tentang ibuk, bisa dibilang aku emang jarang.
bukan karena aku lebih sayang ayah, mungkin alasannya karena, kita kan sama-sama perempuan, kita akan dengan mudah utk saling mengerti perasaan yang kita miliki. tapi kali ini, aku gakmau cuma sampein lewat perasaan.
aku mau bilang ke ibuk, Vina sayang sama Ibuk, mbak, mas sama adek juga sayang sama ibuk.


kemarin, setelah ikut seminar tentang Woman Hero, aku makin bersyukur, udah diberi perempuan hebat kayak Ibuk. 
The truly inspiring woman for me, mom.
Ibuk kamu jadi ibu rumah tangga itu bukan berarti beliau gak kerja. mereka juga kerja, 24jam pula, Justru hebat, jadi koki bisa, dokter bisa, penjahit bisa,  keuangan bisa, guru bisa, sahabat bisa, teman bisa, Mereka itu pahlawan kalian. - Guru Besar UNAIR


Ibuk, Vina tahu, dibalik sosok laki-laki yang sukses, ada perempuan yang hebat.
dan sejauh ini ibuk bisa tunjukkin, ibuk emang hebat. sangat hebat.
Makasih ya buk, udah bisa buat Vina belajar banyak hal.
dari mulai cara masak yang enak sampe cara jadi ibu yang hebat kayak ibuk.


Hari ini hari ibu dan apa yang sudah bisa ku berikan untuk membuatnya bahagia?

Buk, maaf ya buk. Vina belom bisa jadi anak gadisnya ibuk yang baik, vina masih suka ngeroweng-ngeroweng, vina masih kadang males dimintai tolong.
Maaf buk, vina masih bandel.
tapi sekali lagi,

I love you, Mom. 
No matter how often we argue, no matter what we go trough. I know in the end, you will always be there for me, always.

yang selalu buat aku bangga sama ibuk adalah,
"Ibuk, ibuk kalo berdoa, doain aku gak?" tanyaku iseng sore itu.
sambil tersenyum, ibu menatap dan menjawab, 
"Doa terpenting bagi para ibu adalah doa untuk kebahagiaan anak-anaknya. bahkan kadang, ibuk lupa doa untuk diri sendiri."

***

aku gatau, gimana rasanya jadi ibuk karena ya memang, aku belum merasakan.

tapi aku janji, suatu saat nanti, kalo aku jadi ibu, aku pengen jadi ibuk yang hebat kayak ibuk.
yang sabar, yang pengertian, yang pinter kayak ibuk, yang tegar dan istiqomah.

aku mau sekuat ibuk.

***

sudah gak sanggup berkata-kata lagi. 

kalo kata Ustadzahku dulu, 

"Amalan terbaik yang bisa kamu wujudkan sebelum kamu menikah adalah menyenangkan hati ibumu. karena itu adalah kewajibanmu sebelum nanti kewajiban itu digeser untuk suamimu"

Yuk sampaikan rasa banggamu untuk ibumu di momen Hari Ibu ini.
jangan lupa sampaikan sayangmu juga.
sebenarnya lebih baik tidak hanya dihari ibu saja..............
***

oke, sekarang lemme introduce my mom
Anita Rianingsih. Surabaya,13 Januari 1969
cantik sekalii, banyak yang ngira, ibuk itu anak pertama alias kakak kita.
jago banget kalo masak ayam saus inggris wkwk
kalo ada temen-temenku, suka banget nawarin mereka makan padahal barusan makan.
ibuk suka khawatir kalo anaknya pulang malem dikit aja, apalagi aku haha.
ibuk suka jahit mukena-mukena gadis-gadisnya.
suka jahit baju lebaran jugak.
ibuk paling gak bisa pergi sebelum ayah pergi berangkat kerja.
ibuk paling suka ingetin makan anak-anaknya yg dirumah (mbak & aku) buat makan, karena kita berdua susah banget disuruh makan.
ibuk paling suka juga ditelfon anak-anaknya yg rantau (mas & adek), apalagi karena mereka emang sibuk.
ibuk paling perasa kalo anak-anaknya kenapa-kenapa.
kalo sendirian dirumah, ibuk suka mikirin anak-anaknya sampe pernah liatin album-album foto kita. (bikin ga tega ninggal rumah)
ibuk suka mancing-mancing aku cerita tentang perasaan karena mbak sama mas uda berani cerita :')))
ibuk suka mencoba membully ayah tapi akhirnya malah kena ibuk sendiri :)))
ibuk selalu sempetin ketemu mbahti paling gak satu hari harus ketemu sekali.
ibuk itu partner belanja! pilihan dan ukuran kita hampir sama, dari mulai baju sampe sepatu. 
ibuk suka kepo apa yang aku omongin sama ayah.
ibuk selalu ngangeniiiiiiiiiiiiiiin meskipun suka ngereceh :p
artisnya SMAN 16 angkatannya, sampe-sampe waktu reunian pada ngantri minta foto :')
ibuk yang setia nemenin ayah dari awal perjuangan ayah sampe sekarang ini
dan, ibuk yg selalu sabar dan kuat menjalankan perannya sbagai istri, anak, dan ibu keluarga kita.

***
Ya Rabb, sungguh aku bersyukur padaMu.
telah kau ciptakan ia sebagai malaikat di dunia.
Tak ada yg dapat membalas jasanya, maka aku mohon ya Allah, jauhkan ia dari segala apa yang buruk baginya.
buat ia selalu bahagia, di dunia maupun di akhirat.
ya Rabb, beri ia selalu kesehatan agar ia dapat melihat anak-anaknya membuatnya bangga
ya Rabb, sayangilah ia seperti ia menyayangiku

Rabb, jangan pernah ada sesuatu atau seseorang yang menyakiti hatinya..
aku mohon.
aku tidak akan pernah tega melihat airmata itu jatuh di wajahnya
aku mohon ya Rabb, jaga ia selalu...
karena sungguh, Engkaulah sebaik-baik penjaga di dunia ini.

***
Anak yang sukses bukan dilihat dari kepintarannya berbahasa inggris, kepintarannya menggunakan bakatnya. justru, anak yang sukses adalah ketika ia dapat memberikan kebahagiaan pada kedua orangtuanya.
Buk, Yah, ridhoi kita ber empat buat nggapai cita-cita kita ya....
karena ridho Allah ada pada kalian berdua :)


from your 'nyebelin tapi ngangenin' daughter

Alvina Prameswari

Comments

  1. Tulisannya keren. Nancep ke hati. Aamiin Yaa Rabb untuk semua doa dek vina di atas

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*