Skip to main content

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum.

Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies.

Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini.

Speechless masihan.

Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku.

Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata.

Film apakah itu?

Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam.

Yuni 


dari mulai liat trailer nya aku langsung jatuh cinta sama cinematografinya sama peran Yuni.

pas akhirnya nonton, awalnya aku masih kayak yang apa sih maunya ini, masih berusaha untuk mencerna tapi mulai setelahnya, sepanjang nonton perasaan ku kayak tercabik-cabik.

untungnya nonton sendiri, kalo sama doi bisa kena emosi deh.

beneran bisa banget dapet perasaan jadi seorang Yuni. Memang ada beberapa scene yang melihatkan ini film BERANI BANGET. tapi bagi sebagian atau beberapa orang, film seberani ini justru jadi hal yang ngga nyaman. 

Ngga heran bahkan ditengah nonton, ada orang yang akhirnya menyudahi duluan dan memutuskan keluar karna mungkin saking ngga nyamannya. idk. tapi bisa dilihat bahwa ngga semua orang bisa dapet maknanya. Bisa nangkep maksud yang diutarain dari film ini.

Its okay. Gapapa. Asal jangan sampe deh kita berusaha tutup mata sama pesan yang diberikan. Acuh dan pura-pura ngga ngerti bisa jadi menunjukkan kalau sebenernya lagi defense

Film ini pantes banget masuk nominasi OSCAR, film dengan genre film festival pasti dong ngga bisa ditebak arahnya bahkan ending-nya. ya termasuk film ini juga.

Bener-bener ngga bisa ketebak alurnya. dibuat kesel, jengkel sampe aku keikut nangis.

Apa yang berusaha dibahas didalamnya itu macem-macem.

Tapi yang bikin tambah epic luar biasa, Puisi-puisi karya alm. Sapardi Djoko Damono bener-bener bisa aluuus banget disini. kayak bikin jadi paket komplit film ini.

scene-scene dengan pembicaraan metafora NGENAK banget buatku. Bahkan sepanjang selesai nonton, kalo lagi bengong kadang masih suka kebawa scene-scenenya yang penuh makna.

Ada salah satu scene sederhana yang pesannya sebenernya dapet banget di aku,

Intinya, 

jangan sampai orang lain mengambil suaramu, karena mereka ngga pernah tahu gimana rasanya ketika suara itu hilang.

 plak. ketampar aku.

bahkan waktu nulis ini, aku masih tertampar untuk kesekian kali sama scene itu.

dan masih banyak lagi scene yang buat aku tertampar. tonton aja lah ya!

next yuk

Apa makna-makna pribadi yang bisa ku ambil?

secara personal aku dapet banget maksudnya ketika menggambarkan situasi pendidikan, budaya, pergaulan, pertemanan, lebih-lebih tentang kehidupan pernikahan.

sebagai orang yang sangat bersuara tentang KESIAPAN MENIKAH yang dimiliki untuk memutuskan menikah, aku sangat nangkep banget pesannya disini. 

Betapa masih banyak diluar sana yang menganggap bahwa perempuan itu nggausah punya mimpi atau keinginan muluk-muluk karena ujungnya juga dia akan di dapur.

bahkan ada satu yang ngena banget yang kedenger di film itu,

"duh ngapain sekolah tinggi-tinggi kan yang penting kalo udah nikah kudu pinter di kasur."

eh dikira nikah cuma buat melampiaskan hasrat seksual laki-laki.Woy kita perempuan tuh berhak kok untuk bisa bahagia atas diri kita sendiri, kita bisa ngga bergantung. Kita punya daya untuk bisa melakukan apapun yang kita mau.

Miris banget kalau dilihat, banyak pernikahan usia muda yang bahkan istrinya tuh anak dibawah umur atau baru remaja. Ngga bayangin gimana rasanya, anak muda yang harusnya punya mimpi besar tiba-tiba harus di lamar dengan dalih kalo nolak lamaran, artinya nolak rezeki. 

WHAT.

bahkan untuk sekedar dipahami apa yang diinginkan aja, perempuan tuh susah banget dapetinnya.

Dari kecil perempuan dituntut ini itu, harus gini, harus gitu, terus gimana perasaan kita? Di denger ngg ya, di denger ngga maunya kita apa.

Ngga malah dibilang labil. dibilang ngga baper. yah kebawa emosyi saya.

Tapi intinya, aku rekomen banget temen-temen nonton ini ya! Siapin mental yang kuat dan otak yang jernih biar ngga malah salah persepsi.

haduh kalo dah bahas soal perempuan bisa nongol nih api-apinya.

tapi gimana ya mau nyampein, eh ngga di denger. eh.

Padahal suara perempuan itu ya suara lho. Kita berhak juga mendapatkan hal-hal yang selayaknya didapatkan oleh laki-laki tanpa perlu ragu karena konsekuensi dari masyarakat. seperti halnya pendidikan tinggi, bekerja, berhak memutuskan untuk menikah dengan siapa bahkan.

Itu hak kita sebagai perempuan. 

Seringnya itu direbut paksa hingga akhirnya kita ngga bisa berdiri untuk diri kita sendiri. Ujungnya ya tetep aja yang disalahin ya kita sebagai perempuan. Ketika pernikahan tidak berhasil, yang disalahkan perempuan karena ngga sabar sama pasangan. Ketika pasangan selingkuh, yang disalahkan ya perempuan ngga bisa memuaskan pasangan. Ya semua perempuan.

Mirisnya sesama perempuan pun justru ngga dukung malah ikut-ikutan ngobrol dibelakang. 

Dah lah kalo bahas ini emang ngga ada habisnya.

Sudahi dulu aja curahan hati ini. Semoga siapapun yang baca ini,

bagi perempuan, mbaknya sedang berada di lingkungan yang menghargai betul peranmu. Memberikan mbak tempat untuk bersuara dan memberikan hak yang layak.

Begitu juga dengan laki-laki, semoga masnya bisa ya memperlakukan perempuan dengan baik. Menghormati hak-haknya, memberikan kesempatan untuknya bersuara dan menghargai perannya.

Terima kasih banyak sudah membaca yaa!


Salam. 

Alvina Prameswari.


Comments

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*