Skip to main content

#REVIEW TIME Yuk Belajar Manajemen Konflik dengan Pasangan



Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakaatuh

Hay guys, piye kabare rek? Semoga dalam keadaan bumi kita yang sedang tidak baik-baik saja, kita sehat terus yaaa.. Aamiin.

Gimana? dah ngapain aja di rumah? dah belajar hal baru apa? dah bisa masak apa aja? dah nyoba bercocok tanam apa aja? dah nyelesein buku berapa? dah masuk belom kerjanya? dah abis berapa ribu buat kuota? atauuu sudah tidur berapa jam sehari? hahaha. Hepi terus yaa yang penting.

Oke, setelah membuat poling di ig, ternyata temen-temen cukup antusias untuk minta review dari buku yang sudah ku baca dan menurutku menarik ini.


Bismillah..
Buku apa sih?

Psikologi Pasangan: Manajemen Konflik Rumah Tangga

Penulis : Muhammad Iqbal dan Kisma Fawzea
Terbitan Februari, 2020.
Harga : 63.000
Penerbit : Gema Insani
(beli disini https://gemainsani.co.id/product/detail/2704-psikologi-pasangan-manajemen-konflik-rumah-tangga )






Oke. langsung aja kita mulai review ala ala dari aku ya. semoga bermanfaat. Bismillah.

Menerima pasangan kita apa adanya adalah sebuah keputusan dan pilihan - Salah satu quotenya

Sebagai anak psikologi yang sangat tertarik dengan topik soal relationship, relasi perkawinan, relasi anak-orang tua, buku ini serasa cucok sama aku.

Dari visualnya yang ngga bosenin karena tulisannya tuh ada yang berwarna juga, ada gambarnya gemesin, ada quote-quote yang ditulis lebih mencolok, ada quote inti dari tiap-tiap babnya dan ada pembahasan dari segi agamanya yang makin ngelengkapin banget penjelasan-penjelasaannya.

Selain itu, sebagai anak yang sangat terpaku sama penulisan ilmiah haha, buku ini bener2 patut dicontoh mnurutku, karena stiap data yg disuguhkan, dikasih juga sitasinyaa.
Berasa baca jurnal tapi baguss sih.. jadi ngga cuma dari common sense. Mantaaap

Oke bismillah, masuk daftar isi yaaa..

 

Ada 17 bab yang masing-masingnya menarik banget. Kenapa? karena topiknya ini bener-bener real banget terjadi di lapangan (rumah tangga).

Contoh nih,
Bab pertama nih langsung disuguhkan bahasan tentang Perbedaan Psikologis Suami dan Istri. 
Jelaaas pembahasan ini penting banget dan perlu dibahas diawal karena kebanyakan dari kita nih, meskipun belum menikah juga, kita nih gampang banget ngasih label..

kalo yang cewek nih liat cowoknya,
"Kok dia ngga peka ya..."
"Dia ngga peduli banget sih.." 

kalo yang cowok ni liat ceweknya,
"Kok kamu bawel banget sih.."
"Kamu tuh ya dikit-dikit cerita."

Nah... berartiii masih belum paham nih karakter atau kekhasannya laki-laki dan perempuan dari sisi psikologisnya. Unik banget, beneran deh!

Mas Iqbal dan mbak Fawzea ini foundernya Rumah Konseling, layanan konseling yang klien-kliennya nih biasanya punya masalah dalam pernikahannya. Nah kan...
Jadi beliau berdua nih pahaaaaaam betul masalah-masalah yang ada di rumah tangga karena klien-kliennya tuh beragam banget.

Menariknya adalaah contoh-contoh kasus itu dijabarkan dong sesuai dengan bab nya.
Karena coba deh kita cek lagi, setiap babnya tuh merupakan bentuk-bentuk permasalahan yang ada di dalam rumah tangga.
Keren ngga tuh. Keren laah!

Buat yang belom nikah macem aku, baca deh. biar kita tuh ngga bener-bener buta soal permasalahan yang ada dalam rumah tangga dan kita punya gambaran solusinya nih (bahkan sbelum ketemu jodohnya skalipun haha).

Mau spoiler dikit tentang bahasannya tapiiiiiiiii ngga deh, baca aja guys. HAHAHA.
buat harga segitu, worth it menurutku buat dapetin pengetahuan tentang rumah tangga dan konflik konflik sedepnya.

gemes kaan ada quote-quote dan gambarnya ginii
Banyak belajar, banyak cari tahu tentang pernikahan adalah salah satu cara kita mempersiapkannya lho guys. dan aku percaya, segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik akan membuat kita lebih tenang dalam menghadapinya.


Oke, sekian guys.
Terima kasih banyak sudah membaca. Semoga bermanfaat yaa...
See you dipostingan yang lain ya guys! mau coba rutininin nulis hihi. doain yaaa!

Dengan cinta yang besar untuk kalian semua, semoga kalian selalu diberikan ketenangan hatinya.

Seribu Permaisuri.

Comments

  1. Semangatt trs kak untuk berbagi kebaikan nya, jadi ga sabar nunggu post selanjutnya 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*