Skip to main content

Let Me Tell You Something

Assalamualaikuuum, heyhooo!

Lama banget kayaknya udah gaperna nulis blog, karna jadwal yang sangat padat tapi kali ini disela-sela ngoding skripsi dan ngerjain AAI, aku sempetin nulis ini nih.
tentangggg

#NP Rehat - Kunto Aji

Disela-sela waktu sibukmu, cobalah untuk sebentar saja membahagiakan diri


Nah this is my way to keep my mental health, nge-rehat-in diri sendiri dari ambisi-ambisi pribadi, Nulis blog hehe.

dengerin lagu-lagunya Bang Kunto Aji yang lagi relate banget sama mental health, ikut acara-acara yang memeriahkan World Mental Health Day dan jadi salah satu mahasiswa psikologi buat aku pribadi jadi semakin aware sama kesehatan mental atau mental health itu sendiri.

Masih kebawa hawa-hawa video Awkarin yang perlu diberi apresiasi karena dia udah berani bercerita tentang mental illness yang pernah dia alami.
Engga gampang buat terbuka soal perasaan atau hal yang menurut kita sensitif itu ke orang lain. Jadi, masih mau nganggep kesehatan mental itu remeh?

Oke. ini bakalan jadi tulisan di blogku yang paling mengutarakan isi hatiku hehe.

Jadi sebenernya aku juga mau cerita pengalamanku, semoga jadi pembelajaran buat kita smua yaaa

Hari Selasa, setelah ngampus dan sempet kena omel dosen karna tugas yg lumayan ribet itu belum bisa dikerjakan dgn baik oleh kelompokku, aku akhirnya nyempetin ketemu my favorite partner (jangan tanya siapa), aku berusaha menikmati waktu dengan obrolan-obrolan sederhana yg sjauh ini ampuh buat aku lupa sama tugas-tugasku.
Eh, kok tapi malem itu tetep aja, aku engga bisa nikmatin setiap obrolan, bawaannya pengen marah, panik tiap liat hape dan pas pulangnya, mewek-mewek sendiri liat ig.

Ku pikir ini tuh semacam penyakit musimannya cewek, PMS. etapiii kok sampe begini ya.
Setiap liat ig, jadi mrasa cemas sama banyak hal, liat kalender, liat jadwal semester ini yang makin mendekati akhir, aku justru makin cemas gajelas. Kepikiran banyak hal secara tiba-tiba.

Lalu, pada akhirnya aku memutuskan untuk menonaktifkan akun igku dan skaligus disable aplikasi ig dihp. WOAH, itu ngga gampang awalnya, tangan gatel bgt pengen buka ig lagi.

tapiiii tahan-tahanin, banyak ngobrol sama orang-orang rumah, keluar ngabisin waktu sama ibuk ayah, ketemu orang-orang yg kita sayang, banyak membagi kebahagiaan dan berani cerita ketidaknyamananku ini buat aku

Akhirnyaaaa, Alhamdulillah cemas itu mulai berkurang, seiring dengan tugas-tugas dan skripsi yg udah kukelarkan ssuai dengan apa yang aku mampu. dan sekarang, udah ngga ngerasain cemas berlebihan kayak kemarin.

buka ig jadi ngga seserem kmarin.

Intinya, aku bisa deal with my emotion, akhirnya.

buat temen-temennnn, pesennyaaa..

"Kalo uda ngerasa apa yg kita impikan, justru itu yg nyiksa batin dan fikiran kita, kerjaan kita jadi ngga masuk akal, stress sendiri, coba bentar aja luangin waktu buat rehat. Kasih auspan positif buat diri kita sendiri dengan cari kegiatan atau hal-hal yang bisa buat kita seneng, contoh nih, kayak nelfon ibuk bapak, belanja(?) dan mungkin juga bisa ngetransfer kebahagiaan ke oranglain"

terus..

Gimanasih kalo memang udah mulai ngrasa perasaan-perasaan ga nyaman, perasaan engga berdaya dan bahkan kehilangan motivasi utk melakukan ssuatu yg belum terselesaikan?

jawabannya adalah...

Tanya diri kita sendiri. Tanya lagi, apakah sebenrnya kita tuh harus kayak gini?
Trus cari hal-hal positif yang bisa kita lakuin. dan satu lagi yang slalu Ayah slama ini terapkan,

"Banyak bersyukur. Tiap kali kamu down, tulis apa aja yang sampai hari ini bisa kita syukuri ke Allah, sebanyak yang kamu bisa. Setelah itu, liat deh betapa Allah itu baik bangett ngasih kita hal-hal itu smua dibalik rumitnya masalahmu ini.."


Hei, Buat kalian yg lagi ngerasa down dan lemah, titik terendah dalam hidup, inget yaaa, kalian tuh engga sendirian. Ohyaaa, dan jangan lupa #beranibercerita yak, hehe.

Ohya, aku mau ngucapin makasih banyak buat orang-orang yang slalu support aku, yg slalu ngasih hawa positif buatku, terimakasih banyaaak. termasuk kalian yang udah mau baca blogku dan merespon baik tulisan-tulisankuu:)

makasih banyak buat support systemku,keluargaku, partner icik-icik makan tahu pak jayen dan obrolan-obrolannya yang buat aku sadar banyak hal tentang dunia, daaan temen-temenku sayang, yang memberi hadiah waktunya agar dapat menjaga kontak dgnku:")

Semoga Allah senantiasa memberikan ketenangan dalam hatimu. Aamiin.

udah ya, gitu aja. smoga manfaat buat kalian ya,
doain skripsiku lancar ya, aamiin..

Sekian, wassalamualaikum..

ku sempilin pesen dari ibuk,
Dek, sesibuk-sibuknya kamu sma urusanmu, insyaAllah, urusan-urusanmu itu Allah yg akan mudahkan kalo kamu mendahulukan kepentinganmu ke Allah dulu..

Comments

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*