Skip to main content

Kemerdekaan di Pelosok Pedalaman Bersama Mereka

Assalamualaikum wr.wb gengs.
Gimana kabar nih? Masak kalah semangat nih sama aku yg lagi semangat bgt nih nulis tentang ini.

Alhamdulillah setelah pengen nulis macem-macem, dari mulai traveling ke Jogja, tentang jurusan psikologi sampe akhirnya yang terealisasikan justru postingan ini.
hehe mumpung masih kerasa nih hawa-hawa bahagianya.

Oke let's start it...
Bismillahirrahmaanirrohiim.

Selamat Datang Ke Ladang Penuh Kebahagiaan! (Foto bareng-bareng nihh)


mari kita mulai dengan kenapa pingin ikut program 1000 guru lagi dan kali ini milih 1000 guru Malang?
sebenernyaa awalnya tuh pasti karena pgn coba-coba aja. tapi entah kenapa, hati ini tergerak bgt pas buka pengumuman oprec volunteer 1000 guru malang. *mungkin sudah ada ikatan batin ya*

Setelah oprec dan pengumumannya, Alhamdulillah, Allah kasih ksempatan aku sbagai salah satu volunteer yang terpilih kali ini.
Oke, langsung aja...

Jumat, 24 Agustus 2018
Meeting pointnya kan di Malang tepatnya di masjid UMM. Jadinya tuh setelah ribet-ribetan di kampus ngurus sgala macem yg berhubungan dgn skripsi dan asisten, siangnya langsung cussssss ke Malang.

SIAPP BERANGKAT MENJEMPUT KEBAHAGIAAN!

Dengan berbekal niat baik seperti yang Ayah selalu bilang. Aku yakin, segala ssuatu yang diniatkan untuk kebaikan merupakan hal yg baik dan akan menyenangkan.

Berangkat ke ladang kebahagiaan yakni SD Purwodadi II, Purwosari. kesananya cukup membuat masuk angin karena harus melewati menusuknya hawa batu dan pujon dan hawa malemnya purwosari. Akhirnyaaaaaaaaaa kita sampaiii.

Berkenalan satu sama lain, menyepakati berbagai hal untuk besok menjemput kebahagiaan, bertemu anak-anak SD Purwodadi II..
akhirnya kita istirahat (jangan bayangin tdur di hotel ya)..
Kita tidur berpindang-pindangan di kelasyang besok paginya dipake buat ngajar:))
Alhamdulillah, masih bisa dikasi kesempatan sma Allah buat bobok dgn semilir semilir angin disana.

Sabtu, 25 Agustus 2018
Waktunya menjemput kebahagiaan yang sejatinya sudah kami nantikan.
Entah apapun yang terjadi nanti, aku yakin, kelak itu akan menjadi ssuatu hal yang bisa kita ceritakan untuk anak cucu kita nanti.


vina dan kayla lagi joget wkwk ampuni ya ga ada kalem-kalemnya:))

Kebahagiaan datang satu persatu.
Melihat mereka dengan senyum sederhana yang sedikit ditutupi malu-malu, membuatku semakin antusias pada mereka.
Berkenalan singkat sebelum melangsungkan upacara memberiku satu arti bahwa kebahagiaan itu bukan hanya ditunggu melainkan kitalah yang menciptakannya.
Sesederhana melihat mereka satu persatu tersenyum malu saat berkenalan.

Upacara bendera.
Ohyaaa, karena ini TnT (Traveling and Teaching) special Hari Kemerdekaan dan Memperingati 6 tahun terbentuknya 1000 guru, engga afdhol dong kalo engga memperingati hari specialnya Indonesia dan menghormati bangsa kita dengan upacaraa.

Good Job petugas upacara dadakan yang ketjeh-ketjeh

Waktunya NGAJAAAAAAAAAAAAR.
karena kelas kita ada salah satu volunteer yang tiba-tiba ga hadir pas mau berangkat. (gapapa mas, endak marah. semangat yahehe) akhirnyaa kita hanya bertiga termasuk satu orang dari tim, akhirnya kita pun mulai ngajar bertiga hehe.

Oke, lets start the class guys! nurut ya ma kite.

Rencananya mau ngajarin sesuai tema yang dikasih, mau bener-bener ngajar gitu.
tapiiii ketika liat anak-anak kelas 5 yang super duper gemesinnya dan yg murid cowoknya lebih banyak jauh dari murid ceweknya, akhirnya kita memutuskan untuk menyesuaikan mereka.
Toh, selama mereka bisa nyaman, kita bisa ajarkan hal-hal lain selain tema karena prinsipku sendiri, aku tidak akan memberi mereka beban apapun ke mereka.

KakVina dan Kak Nikmah beserta bodyguard-bodyguard kesayangannya

Ngajar anak kelas 5 yang luarbiasa, buat kita terkadang keceplosan ngomel-ngomel saking gemesnya.
karena kita juga cuma bertiga dan mreka tingkahnya luarbiasaa, akhirnya terkadang kita (kakak-kakak kelas 5) berlaku tegas sama mereka.

Nah, disitu juga aku belajar nih. "Nanti jika kita sudah menjadi orangtua, kita tdk bisa terpaku sama apa yg sudah kita pelajari sbagai orangtua, kitalah yang tau anak kita, kitalah yang mampu mengatasinya. Maka, sesuaikan cara kita."

kalo kata Bu Siuni, Wakil Dekan I kesayangan,
Kita pernah menjadi anak-anak. Tapi anak-anak belum pernah menjadi kita. 
Maka jangan meminta anak untuk mengerti kita, kitalah yang justru mengerti mereka.
oke balik gengs, tulisan ini jadi kayak kelas parenting lama-lama wkwk

Kita nerapin praktek mendaur ulang sampah botol menjadiii pot bunga. Aahahha akhrnya kita yang makin stress sendiri liat mreka ngecat, rameee bgt:))
akhirnyaa kelasnya langsung diluar dan langsung praktek aja biar ga ribet wkwk
tapi mreka nyaman, itu yang bikin kita juga nyaman ngajarnya.
Sembari ngecat, kita kasih tau materi tema kita. *salah satu cara yang bisa diterapin nih buat ibu-ibu bapak-bapak*.
Saat mreka bermain, kita bisa tanamkan kebaikan kepada mereka ya sambil kitanya juga ikut main loh yaaa..

Kejadian penuh pelajaran terjadi sebelum istirahat siang, waktu latihan yel-yel, mreka happy bgt tuhya,jadi kita juga smakin smangat sampe-sampe engga sadar kalo ada satu siswa yang harusnya paling keliatan ini berantem dengan anak kelas sebelah, kelas 3.

Ketika dipanggil sama salahsatu anak kelas 3 yang slama ini nempel kayak perangko sama aku, sampek-sampek ngasih tato choki-choki bentuk littepony nya biar aku pake wkwk
dia ngadu, "Kak, Mas Dms berantem sama Jok.." engga sampe selese dia ngmgnya, aku udah lari narik si Dms yang berantem di dpn kelas waktu itu.

Dms. Dari awaaal dateng ke kelas, aku udah naruh perhatian sama dia (cielah).. ada sesuatu yang beda dan hatiku tergerak buat makin mendalaminya. Stidaknya, ilmu psikologi yg aku dapetin slaama hampir mau lulus ini *aamiin* jadi brmanfaat buat memahami situasi begini.

Setelah aku tarik paksa, Dms justru makin kuat buat tetep brantem tuh ditambah provokator dari kelas sana yg makin menjadi-jadi waktu Dms nangis.
Semakin dia pengen lari, semakin kuat aku ngerangkul dia *ea
Setelah sudah duduk, aku bilang kesemua anak kelasnya buat jangan ganggu dms dulu. Dia pengen tenang. Tapi apalah aku, mreka justru makin bilang dms tuh cemen.
Kalo ibaratnya nih kayak, yang sini udah bikin tenang, yang lain justru bikin dia makin dendam.

Intinya, berurusan sama anak yang luarbiasa gini, jangan cuma pake sudutpandang kita aja.
Iya, memang, dms seakan-akan menajdi yg cemen disini. Tapi.. coba lihat dari sudut pandang dia.
Kita justru lebih memahami apa yg dia mau kalo kita ga pake sudut pandang kita aja.

Dms tiapkali ada yg lewat, slalu ga tenang, rasanya kayak pengen balik brantem.
tapi dengan bantuann kak Nikmah, calon guru yang bener-bener bisa tegas, dms akhirnya engga bisa berkutik.

Mas dms ku kesayangan

Waktunya aku bilang ke dia, "Dim, ada kakak kok disini, it's okay"
Sebenernya nulis ini, aku agak mewek karena jadinya keinnget gimana aku bener-bener menghilangkan prasangka yg jelek ttg dia dan bener-bener berusaha memahami dia.
Mudah? Engga. Butuh kesabaran ekstra buat dia cerita, buat dia mulai terbuka tentang apa yg slama ini dia rasain.

Skalian bahas endingnya deh.
Dms ini slalu di cap nakal sama banyak orang, paling banyak tingkah, paling engga bisa diem dan paling-paling lainnya bahkan sampe sesekolah tau dia yg kayak gitu.
Tapi kenapa dia nangis? Bukannya dia jagoan?
nah itu poinnya. Kenapa ya seorang jagoan (suka brantem) justru malah yg nangis?

Akhirnya setelah berusaha membuat dia tenang dan nyaman dan skaligus percaya sama aku, dia mau mulai cerita sama aku kronologi brantemnya sampe dia tuh sbnernya capek harus brantem gini.

Kenapa bisa harus berantem?
Lagi-lagi karna lingkungan yg membentuk dia. Dengan sgala macem predikat yg dia dapetin dari oranglain, buat dia semakin mengenal dirinya seperti itu dan membuatnya makin menunjukkan dia yg seperti itu (re: jagoan). darisitu dia takut kalo gakpunya temen

Pada akhirnya dia mau dngerin aku, mulai bisa natep mataku meskipun sambil terisak-isak habis nangis. Dan saatnya aku ngomong tentang dirinya.

Kita gak perlu menjadi siapapun untuk dapetin temen. Kalo kita berbuat baik sama oranglain, InsyaAllah oranglain tuh juga bakalan baik sama kita, Dim. Hebat itu bukan karena sering berantem, mukulin anaklain, bukan dim. Kalau Dms mau jadi yg Hebat dimata temen-temen, dimulai dari jadi contoh buat temen-temennya, dari nilainya dms yg bagus-bagus, omongannya yang bagus itu bisa jadi contoh loh dan temen-temen pasti ngerasa dms hebat.
Pengakuan dari oranglain ternyata penting ya buat kita. Mungkin kita gasadar. tapi ternyata pengaruhnya gede.

terus setelah tenang, dms akhirnya mau makan. *pasti laper lahya karna habis nangis lama..

Siangnya juga ada cerita tentang mimpi dan cita-cita mereka. Mreka antusias nempelin cita-cita mreka di pohon impian. 

antusias mereka dengan mimpi-mimpi mereka buat aku pribadi semacam kesindir.
awalnya pernah aku ngerasa capek sama skripsi dllnya, tapi liat semangat mreka sama mimpi-mimpinya justru buat aku smakin semangat.
semangat untuk bangun ngejar cita-citaku.

Terimakasih ya adek-adek luarbiasa, kita bener-bener belajar banyak dari kalian. Dari semangat kalian yang luarbiasa.
InsyaAllah, kalau kalian mau berusaha dan berdoa sama Allah, insyaAllah Allah mudahkan smuanyaa, Aamiin..

Sorenya ada lomba 17an nih. jadi murid-muridnya balik lagi ke sekolah buat lomba.
dan sorenya aku sakit, masuk angin.. waduh bahaya nih masukangin.

(kalau baca postingan sebelum2nya pasti tau deh masukangin bagiku itu apa wkwk
oke. gausah dibahas pas sakitnya itu intinya sore itu aku bener-bener istirahat.
ku kasih fotonya aja yaaaa hehe




ohya, si Dms tiba-tiba waktu dateng ke kelas,
"Kak ini buat kakak yaa" (nyodorin jajan kayak sosis mie gulung, tempura dll)

makasi dim:")

MasyaAllah, itu surprise bgt buat aku. Seorang dms yg tadi susah bgt diajak ngomong bisa ngerasa kalo aku ada buat dia dan bisa hargai kehadiranku..

Dim, aku leleh lho.. *sesederhana itu buat aku seneng yak

It's okay, yang penting malemnya aku bisajemput kebahagiaanku lagi, ngeliat mereka smua lomba yel-yel.

yeyey anak-anakcuuuu

Lomba yel-yel. Serunya lagim untuk kelas 5, mreka bener-bener ikut berperan dalam membuat yel-yelnya jadiii mreka hafal dan antusias... Dan TARAAA kelas 5 juara 2 dongg *mau sombong dikitlahya*

Pas sehabis tampil yel-yel, mreka duduk disebelahku, ini adalah waktu terberat sih. Bercanda sama mreka malem itu, ndengerin apa yg jadi guyonan mreka buatku larut pada kebahagiaan yang slama ini terlewatkan.

Mreka yang mengajarkan aku, dalam keadaan apapun, ada hal yang patut kita syukuri.
*seketika mewek*

Kebahagiaan hari itu menjadi kebahagiaan yang tidak akan pernah bisa dibeli dimanapun.
Melihat senyuman, canda tawa, mangkel-mangkelan mereka jadi obat mujarab paling topcer buatku.
Alhamdulillah, Allah kasih sehat lagi.

Ada satu hal lagi yang membuatku berat skali ninggal mreka.
Waktu mereka menang dan dapet hadiah, mreka dengan kompaknya bilang terimakasih ke kita.

Ngerasa beraaat bgt pas mereka salim satu-satu. Seketika pertanyaan dalam hati mulai berbisik,
"Apakah aku sudah memberi manfaat untuk mereka, yang kelak bisa mereka ingat?"
Sudah ah. sudah kangen lagi sama mreka:(

my boyband wkwk

sama-sama bercita-cita jadi penyanyi nih

yang paling sabar dan nurutt

Minggu, 26 Agustus 2018
Saying goodbye is the hardest part of letting go.
itu bener banget sih. Dms dan temen2 yg lain pagi-pagi dateng ke sekolah lagi.
Semoga kita bisa ketemu lagi yaaa..
Trus tiba-tiba ada yg nyaut, "Kak, tatonya udah dipasang beloom? Aku udah nihh *sambil nunjukkin tangannya*" Gemes bgt dah.

Kita cuus ke air terjun dholo. ku kira deket, ternyata...........aku sampek bisa teler lama di truk.
Ohya, kita pake truk TNI loh yg nyupir juga bapak-bapak tentara gitu. keren dah.
Bawak kita smua, brasa kayak bawak tawanan TNI ya pak wkwk

bye adik-adik luarbiasa dan markicuus travelingggg



OTW sekitar brapa jam ya.. pokoknya aku bisa tdur bangun dan tidur lagi hehe ampun.

akhirnya sampailah kita setelah agak nyasarnyasar dulu bapaknya.
turun tangganya kayaknya bisa sampe ribuan anak tangga deh *alay yak
tapi serius, batinku bilang, "ini turunnya aja begini, gmana naiknya ya.."

kayaknya dikit dan gampanglah tapi.........

sedikit foto pendukung air terjunnya. intinya aku ga mau basah wkwk karna ga bawa baju ganti lagi.
jadi kecek-kecek aja sambil foto ala-ala bidadari turun dari air terjun gitu wkwk

endel bgt ya kita disini kak, padahal aslinya kalem yekan? wkkw

aku tinggal di dorong aja tuh kayanya wkwk


setelah itu balik deh.. naik ke atas. LUARBIASA.
ini kerasa bgt sih nafas sampe udah sepenggal-penggal tapi kita kuaat!
tapi abis itu langsung makan popmie wkwk karena dingin gitu hawanya, alesan aja sih kayanya.

udah habis itu kita balik lagi keMalang.
satu persatu ada yg turun ditengah jalan, pulang kedesa masing-masing.
dan smpailah di masjid UMM lagiii yeyyy Alhamdulillah.


Pada intinya, pengalaman berharga ini engga ternilai harganya. Kebahagiaan mreka dan kita smua (tim dan volunteer) itu adalah kebahagiaan yang juga engga bisa dibeli oleh siapapun.
Capeknya engga kerasa kalo keinget senyum bahagianya adek-adek meskipun otot-otot kaki mulai cenut-cenut habis naik tangga ribuan begitu kalo diinget-inget tangganya habis itu wkwk


Semua terbayar dengan cerita indah yang diberikan di TnT spesial kemerdekaan yang diadain 1000 guru malang. Kalo pengen kepo-kepo, bisa cari ignya ya. (sapatau kepengen ikut yg selanjutnya hehe)

Ini kakak kakak ketjeh TnT #17 1000 guru Malang nih

Mau kasih pesen berharga sekali lagi boleh yaaaa. boleh laaa..
Apapun profesimu, Siapapun kamu, Bagaimana latar belakangmu semua berhak bermimpi dan mengejar mimpinya. Bermimpi bukan untuk beberapa orang saja, bermimpi itu berhak bagi siapa saja.
yey, alhamdulillah selese juga nulisnya. semoga bermanfaat yaaaa.
Semangat menebar kebermanfaatan dimanapun kita berada!

ohya Selamat Ulang Tahun 1000 guru semoga semakin menginspirasi! Merdeka!

Wassalamualaikum..

Dari aku yg terus belajar,

Seribu Permaisuri.

Comments

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*