Skip to main content

SALAH JURUSAN?

Bismillahirrahmanirrohiimm...
 Assalamualaikum gengs.

Gimana kabarnya? Sehat-sehat kan? Semoga sehat selalu yaaa

MasyaAllah ga kerasa ya, sekarang vina udah mau semester 7, yg tandanya vina harus makin serius sama apa yang vina pilih, mau digunakan untuk apa nih ilmu-ilmu yang sudah vina dapatkan sejauh ini? #selfreminder

Uda semester 7, insyaAllah semester terakhir ya:")
Bahasan yang menarik yg terinspirasi dari postingan ibunda.id yang bilang 
"Sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia SALAH MENGAMBIL JURUSAN"
buat temen-temen yang mungkin salah satu diantaranya,

All of it depends on you, balik lagi ke temen-temen sendiri keputusannyaa..
"Apakah temen-temen sendiri mampu untuk melanjutkan atau tidak?" Tanyakan sendiri yaa.. (refleksikan ke diri masing-masing)

Karena engga smua salah jurusan itu buruk kok.
Terkadang apa yg kita anggap salah itu mgkin disebabkan karena kita masih kurang mampu untuk melakukan penyesuaian. Nah penyesuaian yg gimana lagi nih?
Penyesuaian terhadap perubahan atau bahasa lainnya tuh adaptasi.
Perubahan dari suasana SMA ke suasana kuliah. Perubahan dari tanggungjawab pas SMA ke tanggungjawab pas kuliah. bener engga?

Maka dari itu, lebih baik buat maba nih, banyak-banyakin bergaul sama kakak tingkat, minta wejangan-wejangan sederhana dari mereka, tanya-tanya dan sebagainya..
Setidaknya kita jadi bisa lebih memahami apa yg sudah kita pilih. (eits nanyanya yg sopan ya gengs..pertimbangkan waktu jugaa jgn tengah malem kalian neror mereka dgn telfon yaak..)

terus buat yang ngerasa emang salah jurusan dan engga bisa bertahan...
eitsssssss, semua yg menjadi pilihan kita pasti ada posituf dan negatifnya.
1. Coba di list dulu apa yg dirasa baik dan apa yg dirasa buruk. Tulis sebanyak-banyaknya yg kalian bisa tuliskan. DAN KUDU NETRAL NIH YA NULISNYA, maksudnya jangan sampe asal nulis ajaa sesuai perasaan temen-temen. BIG NO!

2. (kalau hasilnya banyak yg postif) Ya tetap kembalikan ke kemampuan temen-temen, sebenernya temen-temen mampu atau gak sih untuk melanjutkaan? atau selama prosesnya, temen-temen coba makin makin lagi memahami diri temen-temen sendiri. 

"Oh aku begini yaa,jadi aku kudu gini.."
"Oh kalo temen2ku begitu, aku begini jadi apa sih yang harus aku lakuin?"
"Apa kelebihanku? Apa kekuranganku? dengan cara apa aku bisa meminamilisir kekuranganku, dgn cara apa aku bisa mengembangkan kelebihanku?" 

*btw pertanyaan2 itu bisa dilakukan juga buat yg positif*

Selagi kita memahami diri kita, kita juga perlu utk mencintai diri kita apa adanya.
gacuma doi aja lahya-_-

Nah pertanyaan-pertanyaan begitu yang kudu temen-temen temukan. Selamat memahami diri sendiri! Asik kok, beneran deh:)

3.Nah buat yg banyak negatifnya nih (daftarnya tadi)
Cobalah untukk merefleksikan kemampuan temen-temen, pikir dampak yang bakalan terjadi kalau bertahan ataupun pindah jurusan, pikirkan banyak pihak juga yaa , jangan egois.

Tapi kalaupun setelah memikirkan itu hasilnya memang temen-temen bener-bener tidak mampu.
cara terbaik yg bisa dilakukan adalah mencoba untuk berdiskusi dengan orangtua.
Tunjukkan apa yang udah temen-temen lakukan diatas, tunjukkan daftar positf dan negatif yang udah dibuat, ceritakan pemahaman diri atau konsep diri yg udah dibangun.

Memang, pasti tidak mudah menjelaskan, tapi aku kasi tau sesuatu temen-temen,

Kalau memang kita bner-bner engga mampu untuk melanjutkan dan sebelum itu sudah berjalan lamaa dan nantinya justru temen-temen akan merasa stres sendiri, lebih baik hentikan.
Kalau kata ibu wakil dekan 1 bagian kemahasiswaan,

"Yang kuliah itu ya Anda, bukan orangtua Anda. Anda sendiri yg menjalankan."
Nah kalooooooo udaaaah kejauhaan nih misalnya udah semester 6, trus baru ngerasa salah jurusan, btw itu kayaknya bukan salah jurusannya tapi mungkin kurangtepat dalam menentukan gaya belajar, motivasi yg kurang, atau mgkin baru kehilangan pacar ya? endak endak candaak.

Itulah kenapa keluhan salah jurusan itu sbenernya belum tentu murni karena kesalahan eksternal saja ataupun internal saja.

Keduanya dibutuhkan gengs. Baik dalam memilihnya, prosesnya, sampai menyelesaikannya.
Karena seperti yang kita tahu, Motivasi itu bisa dari keduanya.

NAH SEBELUM SALAH JURUSAN, 
ada baiknya kita kudu bener-bener memersiapkan dan memikirkan lagi hal-hal apa yg harus dipertimbangkan?

Oke kita masuk dalam sesiiiiiiii

TIPS MEMILIH JURUSAN :
wadaw udah kayak guru BK aja ya bahasnya beginian..maap ya pak buk:')



Adek-adek hebat yang lagi baca ini dengan berharap bakalan tau hasilnya,
aku memang sedang mengusahakan menulis sebaik mungkin dalam tulisan ini, tapi balik lagi yaaa itu semua ada di tangan kalian, kalian yg paham betul keadaan kalian, kalian yg paham betul kemampuan kalian, kalian lebih tau tentng diri kalian sendiri.

Bismillah ya, semoga bermanfaat.

1. Lagi-lagi membuat daftar prioritas jurusan yg bisa kita pilih dan yang kita rasa mampu dibidang itu. contoh nih, kalo ada yg jurusan IPS, kita bisa milih jurusan apa aja kayak manajemen, akutansi, psikologi atau apapun.

terus dari daftar itu buat daftar lagi (bisa dilingkarin) jurusan yang sesuai dengan minat kalian,. (klo urusan minat bakat gini pasti temen-temen udah dapetlah yaa dari guru BK yak). Gampangnya sih, kalo minat tuh tumbuh karena suatu proses bisa karena adanya ketertarikan. Minat bisa bertumbuh karena faktor internal ataupun eksternal.
kalo bakat tuh potensi yg udah ada dari kita lahir. (begitulah yaa intinya wkwk)

2. Setelah kita list, kita perlu mencari informasi nih. PUENTINGGG SEKALII. informasi jurusan yg kita pilih ini bagusnya di univ mana yaa, enaknya dikota sendiri atau merantau yaa, pokoknya kita kudu pertimbangkan banyaak hal dalam memilih yaa, that's the point.

3. Nah setelah itu lagi-lagi selain kita kudu melibatkan Allah alias banyak berdoa diberi kemantapan hati buat kuliah di jurusan yg terbaik bagiNya, kita kudu juga minta keridhoannya orangtua..
karena gengs, Ridhonya Allah itu ada pada ridhonya orangtua kita..

So, mari kita diskusikan dengan mereka, carilah waktu yang paling enak (dari kalian dan ortu) buat diskusi akan hal ini trus ceritakan deeh pilihan kalian dan informasi apa yg kalian udah temukan, lebih baik lagi kita sbgai anak memudahkan ortu dengan menunjukkan jurusan skaligus univnyaa.

Diskusi ini, kita bener-bener kudu hati-hati. Kita tidak boleh mendahulukan ego sampe-sampe kita menutup mata akan saran mereka. Namanya diskusi, pasti akan ada komunikasi dua arah.
Mendengarkan dan menerima saran mereka, jika memang ada sesuatu yg kurang berkenan, bisa disampaikan dengan baik yaaa, jangan keburu emosi dulu:(

Misalnya nih, kita temukan perbedaan pendapat sama orgtua, kita bisa coba tanyakan alasan ortu memilih jurusan itu atau univ itu.
Gini ya temen-temen, adek-adekku, engga semua ortu itu well-informed tentang perkuliahan, kadang masih juga ada ortu yg mikirnya masi sesuai dengan jamannya. So, kita tidak bisa menyalahkan hal itu.
yang bisa kita lakukan adalaaah banyakin-banyakin diskusi, berbagi infoke orangtua dan jangan lupa cari kesimpulan lo yaa jangan diskusi doang:')

4. Setelah ituuu perlu juga sih kita balikin hasil diskusi itu ke diri kita lagi.
PENGGALIAN KONSEP DIRI cielah bahasanya psikologi banget.
Cari tau tentang diri kita, kenali diir kita baik-baik yaa (baca tulisan diatas ada pertanyaan-pertanyaan yg bisa kita tanyakan ke diri kita)

Pokoknyaaa untuk urusan memilih nih, memilih apapun deh..
Siapa yg berperan pentingsih? Diri kita sendiri, orangtua, dan pasti yang paling utama Allah yg menggerakkan hati kita.

Pesennya nih, bukan esteh kok, palingan gado-gado.
"Apapun yang kita pilih pastikan ada Allah di dalamnya. Libatin Allah untuk urusan apapun terus setelah itu yakin sama diri kita, kita pasti bisa! yuhuuu!"
ohya sama ada lagi nih,
Gengsi itu gaperlu dalam urusan jurusan. Mereka yg menghina akan pilihanmu itu bahkan belum tentu bisa lebih sukses dari kita, tidak akan prnah ada yg tahu nantinya bagaimana.

Tunjukkan kepada mereka, apapun dimanapun tempat kita kuliah, inilah yg terbaik untuk kita dan kita mampu menjadi yg terbaik di tempat yg kita pilih.

ohya adek-adek...
"Kuliah itu yang menjalankan ya kita, bukan oranglain, bukan orangtua, bukan temen-temen, pastikan kita mencintai apa yang kita pilih agar setiap prosesnya tidaklah menjadi beban untuk kita dan akhirnyaa kita enjoy deeh." - Ibu BK gadungan, Alvina Prameswari.
 
hidup kita tuh penuh akan pilihan bukan drama gengs:))
Sekian ya, tips-tipsnya.
jangan terima mentah-mentah saran atau tulisanku ini, kalo ada yg cocok dan menurut kalian baik, boleh lah diambil namun jika terdapat hal yg tdk cocok untuk temen-temen skalian ya jgn diambil yaaa...
Semuanya balik ke temen-temen sendiriii, aku disini hanya membantu memfasilitasi untuk menyederhanakan sesuatu yg rumit. hehe.


SEMANGAT KULIAH YAA. bersyukurlah kita masi diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kita. Itu sungguh nikmat yg luarbiasa yg Allah berikan. Alhamdulillahirobbil'alamiin

Sampailah kita pada titik tertinggi kejenuhan pembaca yg mulai capek baca tulisan ini wkwkwk. maapkan.
semoga bermanfaat yaaa dan semoga kita senantiasa menjadi hambaNya yg slalu bersyukur.

ohya satulagi doanya, semoga apapun pilihan kita nanti, itulah yg menjadi sebaik-baiknya pilihan yg Allah berikan untuk kita. aamiin

Dari mahasiswa semester tua yg meminta doanya utk
dimudahkan dlm proses menyelesaikan skripsinya aamiin,

hehe



Seribu Permaisuri

Comments

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*