Skip to main content

Selamat 21!

Assalamualaikum,

Selamat datang 21! 


Btw, udah pada ucapin aku beloom nihhh.. yang belom, mohon doanya yaaa semoga kita menjadi pribadi yg lebih baik. Aamiin
"APA YANG KAMU RASAKAN SAAT INI?"
Ini sesi opini versi vina yaa, semoga bermanfaat!


Setelah melewati tgl 15 April kemarin dan mulai merenungi banyak hal, Vina makin sadar banyak hal juga nih.

Aku mau coba bahas, gimana di umur-umur segini, aku pribadi jadi ngerasa gimana. dan semoga bermanfaat:)

yaa pokoknya gini deh aku ngerasanya...

Waktu yang kerasanya makin kurang
Di umur segini, ngerasa langsung atau engga, kita semakin kayak diburu-buru waktu. Rasanya waktu 24 Jam kurangg buat ngerjain tugas-tugas, kuliah, dan kegiatan-kegiatan harian lain bahkan untuk sekedra ngeluangin waktu buat keluarga.

Apa yang membuat vina ngerasa gitu? 
 Vina ngerasa meskipun Vina tinggal dirumah, Vina jadi jaraang bgt ada waktu yg diabisin sama Ayah Ibuk. Kalo dirumah pun udah ada kerjaan lain kayak nugas atau belajar buat kuis.

Vina juga ngerasa, semakin kesini, vina jadi makin jaranggg bgt ketemu.orang-orang yang di waktu lalu sering bgt vina temuin. Semakin kesini, intensitas bertemu teman-teman menjadi sangaaaat minim bahkan hampir nggakpernah.
Bukan, bukannya Vina tidak meluangkan waktu. Sepertinya waktu saja yang terlalu terburu-buru melangkah.

Tetapi..
Dibalik waktu yang spertinya sering engga berpihak sama aku, aku ngerasa satu hal yang justru membuatku memaklumi hal itu secara tdk langsung.
Apa itu? Eng Ing Engg...
Vina ngerasa kualitas ketemu temen-temen jadi semakin kerasa tambah asik, tambah seru dan tambah-tambahan lain. Begitu juga sama yg lebih tersayang, KELUARGA. Aihhh, jadi MasyaAllah dah gemes-gemesannya sama Ayah Ibuk, Mas, Mbak, Adek.

Obrolannya juga semakin kesini makin beda. Yagaksih?

bumbu-bumbu obrolannya juga berbau masa depan dan hal-hal apa yg akan dilakukan nanti..
aduh, apakah aku sudah setua itu ya:)))

Tapiii sesuai dengan tugas perkembangan seusia kita (20 tahunan gini), kita akan cenderung memfokuskan diri kepada seuatuyang orientasinya masa depan, kayak kerjaan hingga partner hidup.  Dalam memilih keduanya, tentunya kita akan bersikap hati-hati. Bukan begitu, mblo? eh..

Terus selain itu, apa lagi yaaaaaaaaah...
Nah benerr *padahal ga jawab apa2*

Semakin ngerasa, "Jalan sendiri? No problemo bgtdah. sudah kebiasa soalnya"

Jalan ke perpus sendiri, kemana-mana sendiri, ngurus ini itu sendiri bahkan jadi ngerasain enaknya belanja sendiri. Itu jadi makanan sehari-hari akhir-akhir ini, apalagi semester ini deadlinenya udah mulai kerja tugas individu kita, yaituu skripsweet. ati-ati unsur horor bgt yg tersindir wkkw

hehe, hari demi hari jadi makin kerasa bener-bener keputusan yg ku buat makin murni karna keputusanku aja. Makin ngerasa lebih enjoy, nikmatin banyak waktu sendiri dan yaaaaaa jadi bisa ngehargai diri sendiri.

Hal itu juga mungkin yg memnegaruhi aku makinn jaraaaang ketemu orang-orang yg dulunya seriiing bgt aku temuin. bahkan yg sefakultas sekalipun.

"Engga ada ceritanya, kemana-mana sendirian itu pasti ngga punya temen"

Kita butuh waktu dimana kita butuh sendiri. Yagak? kalo iya, sama doooong. aku engga sendiri dalam kesendirian brarti wkwk


Dan satu hal lagi, tentang membangun mimpi-mimpi setelah lulus nanti..

Di semester tua ini, Vina bener-bener kerasaaaaaaaa bgt kenaknya sama kata-kata "kalo lulus lo mau ngapain?"

Pertama, aku bakalan jawab. "Insya Allah bersukur dulu sebanyak-banyak yg aku bisa sama Allah.." hehe. Iyalah, kalo nanti dikasih lulus sama Allah.. Aamiin (aminin yaa, awas kalo gak wkwk), hal yg pertama dilakuin yaa harus bersyukur sama yg udah ngasi lulus


Setelah itu, mulai nyicil untuk ngeraih apa yg kita mau. Mulai nyicil kayak keputusan mau s2, kerja atau nikah dulu habis lulus.

Kalo kerja, ya siapkan cv yg baik, siapkan hal-hal yang diperlukan buat lamar kerja. Cari-cari lowongan yang sekiranya cocok, dan juga mantepin hati buat kerja bair nantinya juga jadi engga akan bosen sama kerja. Komitmen itu penting juga dalam kerja, ga hanya dalam hubungan *ea baper amat*

Kalo ambil S2, ya siapkan juga hal-hal yg diperlukan buat daftar S2. Cari-cari beasiswa, belajarlagi buat ujian masuk, dll. Siapkan komitmen juga nih buat memilih kuliah lagi . Selamat berjuang!

Kalo memilih menggenapkan iman, teteeep juga kudu mempersiapkan hal-hal yg kita butuhkan dalam pernikahan (baca postingan tentang persiapan menikah di postinga sebelumnya deh). Yaa lagi-lagi komitmen untuk memutuskan ini juga kudu dimantepin cuy, biar engga bosen sama suami atau istrinya.
Hati-hati kejahatan yg lagi musim skarang tuhya pelakor. Jangan kasih celah! wkwk

(tambahan) Belajar ketrampilan-ketrampilan lain.
bisa juga nih, biar kita siap menajdi seorang ibu yg hebar, sok atuh, ikut-ikut les ketrampilan gitu, kayak les jahit, les masak, les bahasa jerman (siapatau nanti suami/istri mau kuliah di Jerman wkwk)

Atau pilihan-pilihan lain...

Vina milih yg mana? Waduh pengennya langsung semua gimana dong wkwk
Hehe, bercandak, calon aja belum nampak, jangan buru-buru gitu ah.
pengennya Vina setelah lulus tuh, ambil S2 dulu InsyaAllah. ambil gelar profesi psikolog dulu..
Lagi-lagi atas izin Allah yaa..

Kalo sebelum S2, ada yg sudah mau dateng kerumah, ya monggo. Hati-hati ya. lahkok jadi promosi wkwk

Yaaah begitulah. Vina juga masih banyak kurangnya. Mungkin dari apa yang vina opinikan masih ada yg tidak sesuai di hati permirsa.

Mohon Maaf yaa, maapin dongg

Intinya gini lo gengs,

"Di umur-umur segini tuh, cobalah untuk bener-bener mencintai diri kita sendiri, menerima apapun yang ada dalam diri kita, menghargainya. Setelah itu, InsyaAllah, akan jadi jauh lebih mudah untuk menerima apapun yg akan terjadi nanti"

Don't lose hope, guys. Kita punya Tuhan yg slalu ada buat menjawab doa-doa dan keinginan kita.

"Allah itu PASTI menjawab doa-doa kita.
Ada 3 macam jawaban doa dari Allah. Apa aja?
1. Ya akan Ku berikan untukmu (langsung di berikan)
2. Ya nanti Aku berikan ketika kamu sudah mampu atau layak mendapatkan itu.
(ditunda diwaktu terbaik untuk kita)
3. Aku akan menggantinya dengan sesuatu yg lebih baik untukmu.
(sesuai kebutuhan kita)

Tenang aja, pasti dijawab kok.

Maafkan Vina yang akhir-akhir ini jaraaang sekali nulis di blog karena tiapkali muncul ide trus pengen nulis, tapi lama-lama males nulisnya trus kehilangan feel buat nulis. Ujung-ujungnya yaa, gajadi nulis wkwk

Selamat berdiskusi dengan dirimu! Selamat datang 21 tahun. #menujuhalalgataukapan #menujululustaundepan #menujupsikolog tolong di aminkan yaa:)

Terimakasih banyak utk meluangkan waktunya,
Dengan cinta penuh ultraviolet,

Alvina Prameswari

Comments

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*