Skip to main content

Sharing : Hidup & Kuliah

Oke, ditengah-tengah bejubelnya deadline-deadline tugas, aku nyempetin sharing disini.
bukan bermaksud negesi, cuma pengen berbagi aja.

KULIAH. nguli ah 
buat anak SMA, kalian sangat dianjurkan baca ini.....

oke,aku salah satu mahasiswi semester tengah yg lagi ngerasain rasa mulai-mulai segera pengen ndang nikah aja.

kebanyakan anak SMA pengen banget cepet kuliah dan ketika sudah kuliah, kebanyakan mahasiswa pengen SMA lagi 
sudah ya dek, dinikmatin dulu masa-masa SMAnya, di enjoy-enjoyin, di enak-enakin tidur siang, enak-enakin makan yg rutin, nyaman-nyamanin pelukan sama guling dikasur, banyak-banyakin baca novel atau buku-buku. banyak2in makan di kantin bareng temen-temen, ke matos hampir tiap hari yah stidaknya bersyukur lah sama waktu yg kalian punya.

karena, bisa jadi itu bakalan susah kamu raih nanti waktu kamu kuliah. Bisa jadi loh ya. gak menutup kemungkinan kalian masi tetep bisa lakuin itu. tapiiii cuma tingkat intesitas waktunya beda.

aku tipikal orang yg mudah beradaptasi, tapi tantangan terhebatku ketika aku memulai kehidupan di dunia perkuliahan yg smuanya serba ga sante...

awal masuk kuliah, aku udah ditutuntut buat belajar pake transportasi sendiri, belajar buat kemana-mana sendiri. karna jujur, waktu masi sekolah, gak bisa nyetir apa-apa wkwk.


lalu, masalah TUGAS. sensitif sih sebenernya bahas ini.
tugas adalah smacam PR yg bagi mahasiswa gak harus dikerjain dirumah.
bisa loh, demi tugas kita (mahasiswa) ngemper sampe malem-malem dikampus, sampe nginep-nginep dikosan temen, sampe dikunci dirumah sendiri (pengalaman bgt ya...zz)

dan kita sebagai anak yang sdang teorientasi sebagai mahasiswa, kudu siap! kudu banget.
kalo kita ga siap, kita bisa ngerjain smuanya dalam keadaan tertekan. dan justru itu bikin kita makin ga nikmatin hidup perkuliahan. (so true...)

karena gini nih, namanya kuliah ya pasti gak lepas dari tugas, entah apapun bentuknya.
tinggal gimana sikap kita sama tugas itu, mau dibuat susah atau dinikmatin aja.

tenang, tugas itu pasti dikumpulin kok. gak selamanya kita ngerjain tugas itu. cuma ya pasti nambah. bisa kayak mati satu tumbuh seribu.

HAHAHAHA. enjoy aja dulu, jangan dibuat pusing apalagi kalo masi semester awal.

Kalo masalah, ORGANISASI.
hm, aku disini bukan tipe yang semua organisasi diikutin kalo dikampus. karena aku tinggal dirumah, yang apa-apa jelas dipantau sendiri sama orangtua. istilahnya, masak aku tinggal dirumah mereka tapi kayak numpang tidur doang?

tapi, gak menutup kemungkinan kok kalian yang tinggal dirumah bisa ikut organisasi sebanyak apapun. asal yang pling penting IZIN SAMA MEREKA. itu penting, catet.
knapa? kalo aku sih sangat percaya sama ridho orangtua itu ridhonya Allah. kalo mereka ga ridho, hati-hati.

kalo misalnya punya orangtua yang serba ngebolehin kalian ikut organisasi apapun, kalian kudu banget gunain kesempatan itu. tapi tetep lo ya, jangan lupa buat ngehubungin mereka, kasih kabar ke mereka. jangan sampe, saking sibuknya, kita justru lupa sama mereka. naudzubillah.....

kalo misalnya kalian punya orangtua yang susah ngebolehin kalian ikut organisasi atau acara-acara gitu, kita sama kok:) gakpapaa, kalo kalian bener-bener pengen ikut dlm suatu kepanitiaan, organisasi gitu, jelasin dulu sama mereka, manfaat apa yg bisa kalian dapet, resiko-resikonya termasuk pulang malem dan kasih mereka jaminan kalo kalian itu bisa jaga diri dan juga jaga ibadah, (itusih pengalamanku wkwk)
InsyaAllah, kalo orangtua udah bener-bener tahu tentang organisasimu itu, insyaAllah boleh kok. selama itu banyak manfaatnya.
jangan sampe bohong aja. nanti bikin gak berkah, ati-ati yaa:)

terus masalah, BAJU 
gini nih, dulu pas SMA, mungkin kita gapernah bingung nyari baju buat sekolah karna udah ada seragamnya perhari.
kalo kuliah? Nah itu dia.... kalo kuliah kan bebas tuh. hadeeeh. siap-siap aja, pusing milih baju(?)

tips buat kalian yang suka rempong milih baju kalo mau kemana-mana,
siapin dulu dari malemnya. (itu kalo aku sih)
kalo gak, kalian udah ada bayangan mau pake baju apa besoknya. jadi besoknya, tinggal carik
hm tapi aku lebih prefer, milih dan siapin malemnya sih, karnaaa pengalamanku tuh, kalo cuma dibayangin pake baju apa besok, kadang kalo dicari besoknya itu suka ngilang sendiri dan akhirnya gopoh. wkwkw

siapin aja, baju sekrudung-krudungnya, se kaoskakinya jugak dari malemnya.
tapi ga menutup kemungkinan kalo besok paginya, pilihanmu berubah lagi wkwkw


trus masalah temen.
kamu jangan membayangkan, temen kuliah itu bisa sama persis temen SMA.
ada banyak cerita temen-temen yg udah mahasiswa yang mereka itu merasakan banget perbedaan itu.
bukan mau membanding-bandingkan. tapi kenyataannya memang temen kuliah akan terlihat lebih individual daripada temen SMA. karena memang tuntutan kuliah itu yang secara tdk langsung menjadikan seperti itu.

bukan apa-apa, itu maklum, sudah hal wajar, dan kita juga mungkin bisa menjadi seperti itu,
tapi, bukannya kalian justru malah ngehindar dari temen-temen kuliah, NO.
cuma ya, jangan berekspektasi kalo temen kuliah kalian bakalan sama kayak temen SMA. jangan ya:)
makanya ada namanya, #highschoolneverends
kerasa banget apalagi temen-temennya.


terus selama perkuliahannya gimana?
kalo fakultasku, isinya smacam kayak dengerin ceramah dosen berjam-jam, nyari data, analisis suatu kasus, kerjain makalah, buat laporan, dan buat yang sistemnnya udah KBK kayak fakultasku gini, mahasiswa dituntut buat sangat aktif dalam kuliah.

jangan pernah ngira, dosen itu bakalan kayak guru SMA, yang bakalan nuntun kita, ngasih kesempatan kita. bahkan ga semua dosen bisa ngurus kamu paham apa gak.. so, memang harus bener-bener belajar sendiri, jangan ngandelin dosen. dosen cuma nyampein aja, kalian yang praktek.

kalo kalian ada yang ga faham sama penjelasan dosen, tanya aja. nanti kalo dibiarin aja, malah jadi bingung sendiri pas udah mau tugas-tugas,
gapapa, tanya bukan berarti kalian ga pinter. asal nanyanya yg nyambung loh yaaa

kalo tugas kelompok, jangan jadi yang free rider alias numpang nama. karna kalo kalian yg digituin, gimana? emang enak?
tugas kelompok ya dikerjakan bareng-bareng. jangan biarin kalian pusing sendiri atau justru temen kalian yang pusing sendiri. pusingnya dibagi-bagi.
memang pasti bakalan ada anggota yang 'ga sesuai' sama yang kita harepin, tapi balik lagi ke diri kita ya.
jangan melabel buruk temen-temen kelompok yang ga sesuai, biar sikap kita ga berubah juga ke mereka. kalo sikap kita ke mereka udah jelek, perilaku-perilaku kita nanti bakalan jelas menunjukkan ketidaksukaan kita. so, hati-hati ya


intinya ya, kuliah emang ga segampang yang kita perna bayangin pas SMA. tapi, jangan sampe kita nyerah sama prosesnya. proses menjadi sarjana itu emang macem-macem dan berharga kok, insyaAllah.
setiap perjuangannya pasti akan berbuah sesuatu, insyaAllah

bersyukur dong, kita masih dikasi kesempatan buat nerusin studi kita. yang penting, proses ini diniatkan utk mencari ilmuNya.
jangan lupa minta ridho Allah tiap berangkat atau mulai kuliah.

Tiap kesibukanmu dikampus entah untuk apapun, jangan lupa jaga ibadahnya, jaga amalan yaumiyah kita. Jangan sampe, kesibukan kita itu jadi alesan kita ninggal kewajiban kita sama Allah. - Ibuk

kalo kata Ayah, kalo kita berani meminta banyak sama Allah, kita juga harus bisa ngasih banyak.


semoga tulisanku ini bermanfaat ya, meskipun banyak curhatnya, ehehe.
semoga kita selalu diberi kemudahan dan kelancaran nggapai apa yang kita harapkan:)

Surabaya, ditengah-tengah mogok ngerrjain tugas survei
Alvina Prameswari

Comments

  1. Keren kak selamat menikmati bangku kuliah di semester pertengahan menuju Akhir.. #proses tidak akan mengkhianati hasil.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*