Skip to main content

Tulisan

"Vin,vin. sebenernya apa sih arti tulisan buatmu? kok kayaknya kamu suka bgt nulis?"
nah, apa sih sebenernya arti tulisan bagiku?
apa hanya sesuatu yang ditulis?
atau sesuatu yang sebenarnya ingin disampaikan oleh fikiran?



menulis & tulisan.
simplenya sih,
sesuatu yang ditulis itu namanya tulisan.

aku suka nulis, dengan menulis apapun, aku bisa menyampaikan apa yang mungkin tidak bisa ku utarakan. atau biar kerennya, menyiratkan makna dalam tulisan.
aku suka menulis, karena ia memiliki hasil, hasilnya bisa dibaca, bisa dinikmati, bisa diresapi dan bisa dimaknai.

waktu SD, apresiasi orang-orang pada tulisanku itu sangat beragam.
kalo menurut Teori Operant Conditioning nya Skinner, perilaku seseorang itu bisa dipengaruhi oleh konsekuensi yang didapatkan dari perilaku sebelumnya.
jadi ceritanya, waktu SD itu aku suka banget gombalin guru wali kelasku (cewek kok cewek) pake puisi. dan apa yang beliau lakukan? beliau senang sekali memuji dan menceritakan tulisan-tulisanku kepada guru-guru lain. Ibuk juga selalu ndukung buat nulis dgn slalu beliin aku buku harian buat aku tulis cerita-cerita keseharianku.

kata ibuk, "Buku harianmu kalo dikumpulin bisa menuh-menuhin lemari buku sendiri dek."

Iya, aku suka banget nulis. meskipun kok kayaknya tulisanku itu kadang masih mah apah. 
tapi, selagi menulis itu menjadi sebuah kepuasan dari dalam diriku, aku bakalan nulis.

coba deh, kalo kita tulis sesuatu dan kita baca lagi.........kadang ga nyangka, kok bisa ya nulis gitu.
karena sebenrnya waktu nulis itu, pikiran kita sedang melanglang buana kemana-mana bahkan lebih dulu ke benua lain daripada ragaku.

apresiasi terbesar dan berpengaruh buat nulis-nulis juga sebenernya bisa dari orang-orang terdekat kayak keluarga, sahabat, dan orang yg kamu tujukan dalam tulisan itu ehe.
respon ayah, ibuk, mbak, mas dan adek selalu dukung aku buat tulisan yang bikin mereka seneng.

"dek, aku nangis baca tulisanmu" -Mbak fir
"Mbak, aku mesti nangis baca tulisannya mbak yang buat aku" - Dek Icha 
karena aku sadar, aku bukan orang yg ahli mengungkapkan perasaan, tulisankulah yang memberi aku sarana mengungkapkannya dan apa yang aku dapat? aku dapat senengnya mereka, dapet rasa terharunya mereka yang bikin aku ngerasa berhasil utk ngungkapin apa yang aku rasain.

si doi. itu juga loh, dia adalah konsekuensi kuat buat perilakumu itu....... apalagi kalo sama-sama suka nulis dan mengungkapkan tulisannya lewat tulisan. Aih.berasa lagi pramuka, main kode-kodean. eits tapi gatau kalo itu kita aja yg ke gr an hehe.


***
 Alhamdulillah, Allah kasih aku hobi yang menurutku sangattttttttttttt bermanfaat.
sekarang, aku suka baca-bacain tulisanku dan suka senyum-senyum sendiri kalo inget gimana atmosfernya waktu aku nulis itu. 

pengalaman yang gapernah jauh-jauh dari nulis juga sering aku dapetin.
kayak jadi sekretaris OSIMA, skretaris Duta Bahasa, skretaris dan sekretaris.
proposal, LPJ, KTI, essay, makalah, laporan.
nah tuh, tulisan ga harus sesuatu yang berbau perasaan kan?

yuk nulis yuk.
beneran deh, gak ada kok tulisan yang sia-sia. beneran deh.
---------------------------------------------
Surabaya, 30 November 2016
Alvina Prameswari-

Comments

Popular posts from this blog

It's Okay

It's Okay Vina. It's Okay.

Film Luar Biasa di Penutup Tahun 2021

Hai guys, assalamualaikum. Ngga kerasa ya kayanya tiba-tiba udah penghujung tahun aja, eh bulan depan udah 2022. Time flies. Tapi sebelum menutup penghujung tahun ini, aku memutuskan untuk menuliskan sebuah review pengalaman aku nonton sebuah film yang aku jadikan ini film indonesia terbaik di tahun ini. Speechless masihan. Aku memang bukanlah penyuara dari feminis, aku sama sekali datang menonton ini berusaha untuk netral. Ibarat lagi di ruang praktik. Bahkan sempat juga aku datang dengan underestimate kalo film ini bisa berusaha nyampein makna-maknanya ke aku. Sampe akhirnya aku memutuskan untuk nonton film ini seorang diri. beuh. keputusan nekat ternyata. Film apakah itu? Film yang banyak banget menyuarakan suara hatiku yang terdalam. Yuni 

Traveling and Teaching by 1000 Guru Surabaya

Suasana hangatnya masih kerasa sampe sekaraaang Pejuang pendidikan, 1000 Guru Surabaya, TnT #13   1000 guru Surabayaaaa? Traveling to care, teaching to shareee!  *baca blog sambil dengerin lagunya Ipang-Sahabat kecil biar greget*